Preview

Hai, selamat datang di Neng Vina! Di blog ini kamu akan menemukan tulisan seputar kehidupan dan pengembangan diri. Barang kali kamu tidak akan merasa sendirian setelah membaca tulisanku. Enjoy my blog! 🧁

Girls, Ini Harga Busi Motor BeAT dan Gejala Busi akan Mati!

 
Perempuan pengendara motor
KALAU ditanya, apakah perempuan pengendara motor tahu harga busi motor BeAT? Mungkin ada yang bisa menjawab, tetapi hanya sebagian. Tidak sedikit perempuan yang bisa mengendarai motor. Namun, tidak semua di antara mereka memahami komponen-komponen penting dalam motor.

Paling, ya, ganti oli. Itu pun kalau ingat. Ketika motornya mengalami kendala seperti macet saat di-starter atau bahkan tidak menyala sama sekali. Hal ini menjadi kesulitan dan tantangan perempuan untuk mencari tahu penyebabnya. Alhasil, mengandalkan bengkel dan menyerahkan kepercayaan sepenuhnya 

Banyak kendala yang terjadi pada motor mati atau rusak. Salah satunya adalah karena busi yang sudah lama tidak diganti. Hah, apa tuh busi? Busi itu temennya gusi? Girls, ini saatnya kamu untuk mengenal busi, harga busi motor, dan gejala busi harus diganti!

Gejala Busi Motor yang Akan Mati!

Girls, selama ini kamu bisa membelah jalanan dan sampai tujuan karena mengendarai motor dengan aman dan mulus. Namun, motor kamu tidak akan berjalan mulus tanpa dukungan salah satu komponen penting. Jadi, dalam mesin motor kamu terdapat satu elemen yang disebut dengan busi. Busi berperan dalam proses pengapian pada mesin motor.

Ada beberapa peran busi motor yang dapat membuat kendaraan berjalan dengan baik:
  • Menghasilkan percikan api yang dapat menyalakan campuran udara dan bahan bakar
  • Busi yang berkualitas baik mampu menjaga deposit residu pembakaran minimal tanpa mengganggu kinerjanya
  • Mencegah knocking yaitu ketika campuran udara dan bahan bakar menyala dengan sendirinya sebelum percikan api dari busi bekerja 
  • Dapat memberikan informasi kondisi mesin 

Memahami peran penting tersebut tentunya sebagai pengendara perempuan harus memiliki awareness terhadap motornya. Setidaknya dengan memahami busi motor, dapat meminimalisir terjadinya penipuan ketika servis.

Salah satu penyebab motor kamu tidak menyala bisa jadi karena busi yang rusak. Banyak sekali alasan yang menyebabkan busi rusak. Seperti sudah lama tidak diganti, kotor, dan basah. Nah, Girls, sekarang kita sama-sama cari tahu terkait gejala busi motor akan mati.

Gejala Busi Motor akan Mati

1. Mesin Motor Sulit Dinyalakan

Busi yang tidak memberikan percikan api cukup pada pengapian dapat menjadi salah satu penyebab mesin motor susah dinyalakan. Ketika kamu kesulitan menyalakan mesin motor, baik menggunakan electric starter maupun kick starter. Bisa jadi karena ada masalah dengan busi motor kamu.
 

2. Dengarkan Suara Mesin

Coba dengarkan suara mesin motor saat kendaraan sedang berjalan pelan atau diam. Normalnya akan menghasilkan suara yang halus. Akan tetapi, jika suara yang dihasilkan mesin terdengar kasar dan terasa adanya getaran pada motor. Artinya, kamu harus segera mengganti businya. 

3. Rasakan Akselerasi Motor

Busi yang bermasalah akan menyebabkan mesin motor jadi tidak responsif ketika gas dibuka. Sehingga masalah tersebut dapat membuat akselerasi atau laju motor kamu terasa tidak maksimal dan tertahan.

 4. Perhatikan Setelan Busi

Masalah pada busi yang mati bisa juga disebabkan oleh setelan yang kurang tepat. Salah satunya seperti pasokan udara yang terlalu besar atau banyak. Hal tersebut menyebabkan busi menjadi cepat kotor dan mati. Proses pembakaran di silinder mesin yang tidak sempurna menyebabkan motor jadi terasa boros. Oleh karena itu, kamu harus segera menggantinya.

Apabila motor kamu mengalami gejala motor berhenti sesaat dan kemudian bisa berjalan lancar. Patut dicurigai karena adanya missed fire pada silinder mesin. Sehingga kamu perlu memperhatikan setelan busi secara berkala.

Girls, Ini Dia Harga Busi Motor BeAT Kamu!

Sekarang kamu sudah mengetahui gejala kapan busi motor harus diganti, kan? Tentunya pengetahuan ini akan membantu kamu untuk menemukan tempat bengkel motor terpercaya. Apa lagi untuk kamu pengguna motor BeAT. Sebelum mengetahui harga busi motor BeAT. Sebaiknya kamu perhatikan terlebih dahulu tip memilih busi motor.

Tip memilih busi motor BeAT 
  • Kamu harus memilih busi motor sesuai dengan rekomendasi yang terdapat dalam buku manual Honda BeAT
  • Sesuaikan jenis busi motor dengan merek motor yang kamu miliki 
  • Sesuaikan spesifikasi jarak busi motor dengan pabrik. Sehingga percikan api jadi lebih optimal 
  • Pilihlah merek terpercaya 

Selain memilih merek terpercaya, kamu juga harus memilih bengkel yang berkualitas. Salah satunya adalah Planet Ban. Umumnya harga busi motor BeAT sangat bervariasi berdasarkan jenis busi yang dipilih. Jenis busi motor pun harus sesuai dengan kebutuhan atau penggunaan kamu dalam kendaraan bermotor. Ini dia harga busi motor BeAT dan jenisnya!

Harga Busi Motor BeAT

1. Busi Standar

Busi standar merupakan salah satu busi yang digunakan oleh banyak orang. Busi ini terbuat dari nikel. Harganya pun terjangkau karena penggunaan motor secara normal dan suhu operasi yang tidak terlalu tinggi. Berikut ini harga busi motor BeAT jenis standar:
  • NGK CR6HSA: Rp20.000 - Rp30.000
  • Denso U22FSR-U: Rp25.000 - Rp35.000

2. Busi Iridium

Berbeda dengan busi standar, elektroda pusat busi ini terbuat dari bahan iridium. Busi iridium menghasilkan percikan api yang lebih baik sehingga cocok untuk penggunaan motor dalam situasi berat ataupun performa yang tinggi. Berikut harga busi motor BeAT jenis iridium:
  • NGK CR6HIX: Rp90.000 - Rp120.000
  • Denso IU22: Rp100.000 - Rp130.000

3. Busi Platinum

Sesuai dengan namanya, busi ini terbuat dari platinum yang dapat bertahan pada korosi dan panas. Busi platinum memiliki usia pakai yang lebih lama dan cocok digunakan untuk performa yang tinggi. Berikut harga busi motor BeAT jenis platinum:
  • NGK CPR6EA-9P: Rp60.000 - Rp80.000
  • Denso Iridium Power IUH24: Rp110.000 - Rp140.000

4. Busi Racing

Motor balap ataupun motor yang dimodifikasi untuk performa tinggi tentu membutuhkan busi racing. Oleh karena itu, busi racing memiliki percikan api yang lebih kuat dan stabil pada putaran mesin yang lebih tinggi. Berikut harga busi motor BeAT jenis racing:
  • NGK R7376-10: Rp150.000 - Rp200.000
  • Denso IXU24: Rp130.000 - Rp160.000

BUSI motor bisa dibilang merupakan jantung dalam kendaraan bermotor. Setiap pengendara tentunya harus memahami komponen penting ini. Dengan begitu kamu sebagai pengendara motor jadi yang lebih aware untuk menjaga dan merawat mesin motor. Nah, Girls, sekarang kamu sudah mengetahui harga busi motor BeAT kamu. Yuk, percayakan pada Planet Ban!


26 komentar

  1. perawatan busi dan penggantian busi motor berkala membuat kendaraan kita jadi tetap awet

    BalasHapus
  2. Wah samaan motorku juga beat. Businya pernah rusak juga jadi harus dinyalakan manual. Perawatan busi harus tetap rajin dilakukan ya biar mesin dalam motor tidak rusak, huhu.

    BalasHapus
  3. Jadi nambah pengetahuan nih, kalau busi motor mati, motor bakal rewel. Bisa jadi susah dihidupin, bahkan mati total. Mesin juga bakal ngeluh, tenaga ngedrop, sama konsumsi bensin jadi boros. Jadi, jangan lupa cek dan ganti busi biar motor tetap jos!

    BalasHapus
  4. Informatif banget buat kita khususnya perempuan yang memang kurang faham tentang permotoran salah satunya soal busi. Jadi bisa lebih aware lagi dan tahu kapan waktunya kita cek busi ataupun ganti busi

    BalasHapus
  5. Melihat waktu pemakaiannya, harga busi segitu tergolong sangat terjangkau ya. Sebagai bagian dari upaya perawatan kendaraan busi memang harus diperhatikan dengan betul-betul.

    BalasHapus
  6. Salut deh dengan tim ibu-ibu yang tidak hanya paham menggunakan motor, tetapi juga paham perawatannya, termasuk masalah busi. Go girl

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku termasuk yang nggak paham kayanya pak, hehe. Tapi, dari artikel ini kita harus paham ya biar lebih mudah merawat busi dan mesin motor yang lainnya.

      Hapus
  7. Busi platinum lebih awet ya, jadi sepertinya mending pilih yang awet deh agar tidak mengganggu operasional

    BalasHapus
  8. bener banget kak untuk selalu memperhatikan kesehatan di motor, saya pribadi pun baru memperhatikan bener bener kondisi motor itu ketika di perantauan dan memang betul kita harus mengerti setiap komponen motor. caranya ya kadang aku sering tanya di bengkel motor ketika ada masalah di motor

    BalasHapus
  9. Harga busi tuh sebenarnya sangat terjangkau ya, tapi kadang kita suka abai dan akhirnya pusing sendiri kalau motor kita bermasalah

    BalasHapus
  10. Wah aku nih salah satu perempuan yg biasa naik motor tapi sama sekaloi nggak ngerti ttg mesin termasuk busi..hihi... Terima kasih sharing infonya ya..bisa nambah wawasanku nih..

    BalasHapus
  11. Nah bener nih, para perempuan pengendara motor harus mulai belajar tentang printilan dalam motor, supaya bisa menghindari kerusakan motor. Nggak hanya perihal jadwal ganti oli tapi mulai belajar ttg busi.

    BalasHapus
  12. Nah, ini nih. Lupa merawat motor bagian busi, bisa² motor tetiba mati. Saya dan beberapa teman pun pernah mengalami

    BalasHapus
  13. Kalau becandaan anak-anak tongkrongan, "kalau mau beli hp second, beli dari pemakai bekas cewe, tapi kalau mau beli motor second, jangan beli dari pemakai cewe".
    Ha ha, ayoo girlss buktikan kalau kalian juga ngerti tentang printilan motor~ :D

    BalasHapus
  14. Ini yang sering terjadi ke motorku pas hujan dan banjir. Setiap cek ke bengkel masalahnya adalah businya, g tau ya. Apa karena businya g bagus atau gimana. Dgn artikel ini jadi tahu nih kisaran harga busi yang sesuai, supaya g dimainin ama bengkel yang "nakal". 🤭❤️

    BalasHapus
  15. Saya selalu memperhatikan soal busi ini selain ban, rem dan pelumas kendaraan. Soalnya pernah lagi jalan hujan terus menepi. Eh pas mau jalan lagi gak bisa. Mogok kali ya... Dibawa ke bengkel ternyata businya..ya udah ganti aja langsung. Makanya selalu cek busi takut mogok di jalan lagi. Hehehe

    BalasHapus
  16. Hihi.. cewek2 kalo urusan motor aduhhh... dahlah gabisa berword word wkwkwk..
    Makanya yaa pernah ngalamin tetiba motor mati gabisa jalan pas mau kerja
    Hiks.. busi harus ganti, rem abis, oli kudu servis wkwkwk

    BalasHapus
  17. Dulu waktu masih pakai motor manual aku lumayan familiar sama ganti busi ini tapi selama pakai motor matic asli nggak pernah beli busi lagi soalnya suami yang ganti hihi

    BalasHapus
  18. waktu itu motor adek gak bisa nyala, malah ada percikan api. pas dibawa ke bengkel, businya memang mesti diganti.

    BalasHapus
  19. Tak hanya pria, wanita pun juga memang perlu paham soal busi ini, karena sebagai pengendara bermotor kalo gak ngerti perintilan motor bisa bahaya juga saat kenapa² di jalan

    BalasHapus
  20. Beberapa kali mendengar kendala pada kendaraan yang berkaitan dengan busi ini sih. Ternyata peran busi krusial ya untuk motor. Itulah pentingnya merawat motor dengan pengecekan rutin ke bengkel seperti Planet Ban ya.

    BalasHapus
  21. Aku gak punya Beat, tapi ya kalau beli busi motor tuh emang pilih yang standar dulu. Yang penting bisa nyala deh, hehehe. Anaknya emang gak mau ribet. Penting buat cek ini itu juga biar gak tiba-tiba semua ingin diganti bersamaan

    BalasHapus
  22. Aku smpe hafalin nih tanda2 busi bermsalah pada motor beat secara motorku kebtulan juga beat mkasih bngt sharingnyaa

    BalasHapus
  23. Kalau Motor BeAT bisa dimodif jadi motor racing-kah?
    Hehhe, soalnya tercantum juga harga busi motor racing. Aku jadi penasaran..
    Perawatan terbaik motor secara berkala hanya di Planet Ban. Semuanya ditangani dengan cepat dan profesional, sehingga ga perlu khawatir lagi untuk cewe bisa berkendara motor.

    BalasHapus
  24. Kalo beat karbu pakai busi yg model apa ya kak?

    BalasHapus
  25. Aku tau bentuk busi, tapi asli ga tau busi itu gunanya apa haha. Menarik banget nih bacaannya, secara aku bukan pengguna motor. Bahkan busi pun bisa macam-macam jenisnya

    BalasHapus