Preview

Hai, selamat datang di Neng Vina! Di blog ini kamu akan menemukan tulisan seputar kehidupan dan pengembangan diri. Barang kali kamu tidak akan merasa sendirian setelah membaca tulisanku. Enjoy my blog! 🧁

Makin Awet, Ini Tip Mempertahankan Hubungan!

Sebuah hubungan
SEBELUM bertahan, ada masa ketika kita berjuang. Mungkin kita sudah berhasil memperjuangkan seseorang dan menjadi milik kita. Namun, perjuangan tidak hanya sampai di situ, kan?

Banyak yang bilang kalau mempertahankan hubungan itu lebih sulit daripada memperjuangkan. Sama-sama sulit, tetapi cinta akan tahan lama kalau kita tahu cara mempertahankannya. 

Mungkin ada di antara kita yang masih berjuang. Tidak apa-apa, asal jangan terlalu lama berjuang sendirian, ya? Pelan-pelan dan mundur, bisa jadi dia bukan orang yang tepat.

Dan, teruntuk kita yang berhasil mendapatkan perjuangan, jangan tenang dulu! Kita masih perlu berjuang untuk mempertahankan perasaan yang telah susah payah kita usahakan.

Tip Mempertahankan Hubungan, Indah meski Banyak Rintangan!

Hubungan, hubungan apa yang tidak bisa dipertahankan? Yup, hubungan tanpa status. Tidak ada status, kok, dipertahankan? Namun, ada yamg lebih penting dari status, yaitu komitmen.

Lantas, apakah hubungan yang indah adalah hubungan yang tidak ada masalahnya sama sekali? Menurutku tidak, justru adanya masalah bisa jadi saling mengenal satu sama lain, 'kan?

Pun, bukankah hidup ini akan selalu butuh masalah untuk belajar? Begitu juga dengan hubungan, hubungan butuh pelajaran supaya dapat dipertahankan.

Tip mempertahankan hubungan

1. Saling Terbuka 

Kejujuran adalah kunci dalam tip mempertahankan hubungan. Banyak sekali problematik terjadi karena tidak ada kejujuran di antara kedua belah pihak.

Biasanya pasangan berbohong bisa jadi karena didasari rasa takut terhadap pasangannya sendiri. Misal, takut dimarahi karena pasangan terlalu posesif dan memaksa. 

Ada juga berbohong, ya, karena memang tabiatnya sudah begitu. Nah, yang satu ini kalau dilakukan terus-menerus, tidak ada yang perlu dipertahankan lagi hubungannya.

Terbuka itu penting, jujur soal apa yang ada di pikirkan dan hati. Jujur tentang apa yang kita inginkan dan tidak. Kalau tidak jujur karena takut reaksi pasangan tidak sesuai ekspektasi? Mau sampai kapan kita tertekan?

Tapi, kan, itu demi menjaga agar hubungan tetap bertahan! Itu mah bukan mempertahankan hubungan, melainkan memaksakan hubungan. 

Dasar hubungan adalah saling jujur dan terbuka satu sama lain. Agar saat ada masalah, bisa terselesaikan dengan baik. Jangan ada dusta di antara kita!

2. Komunikasi 

Komunikasi tertinggi itu bukan ada di bagaimana cara kita berinteraksi, melainkan bagaimana kita memahami dan mengerti seseorang. Dalam suatu hubungan, komunikasi punya peran krusial. 

Mungkin kita sudah mengutarakan apa yang kita rasakan dan pikirkan. Akan tetapi, apakah pasangan bisa memahami dan mengerti?

Kadang-kadang orang hanya mendengarkan, tetapi tidak mencoba untuk memahami dan mengerti tentang apa yang didengarkan. 

Tanpa pemahaman dan pengertian, bukankah akan terjadi yang namanya salah paham? Apa yang dibicarakan tidak sesuai dengan yang dipikirkan pasangan. 

Akhirnya akan timbul masalah dan kalau komunikasi hanya sebatas tutur kata, akan sulit untuk diperbaiki.  Coba untuk berkomunikasi lebih dalam lagi. Inti dari komunikasi itu apa? Kemudian coba paham dan mengerti.

Kalau sulit untuk dipahami dan dimengerti, tanyakan. Kita juga jangan memaksa pasangan harus peka terhadap apa yang kita komunikasikan dan kita mau.

3. Saling Menerima 

Ketika mencintai seseorang untuk pertama kali, kadang-kadang kita baru mencintai dari apa yang kita lihat bukan apa yang kita rasakan. Misal karena dia memenuhi kriteria fisik, tetapi ternyata karakternya tidak sesuai. 

Namanya manusia, pasti ada lebih dan kurangnya. Tidak ada yang sempurna. Namun, semua ketidaksempurnaan akan lebih indah ketika kita saling menerima. 

Menerima kelebihan, berarti menerima kekurangan. Akan tetapi, kekurangan di sini masih dalam batas wajar etika, ya!

Selama kekurangan itu masih bisa kita atasi dan di koridor yang benar, tidak ada masalah. Mungkin memang ingin membuat pasangan berubah dari hal menjerumus. 

Aku ingat dan suka dengan kalimat Raditya Dika, dia berkata, "Cintailah seseorang sesuai dengan apa yang kita mau, bukan yang ingin kita ubah."

Cinta memang kadang-kadang suka kocak, menjatuhkan hati pada orang yang tidak sesuai ekspektasi. Pada akhirnya untuk mengobati rasa kecewa, kita berniat untuk mengubahnya. 

Itu pilihan yang bagus dan tepat, kita sudah mengerahkan berbagai usaha untuk mengubahnya menjadi lebih baik. Akan tetapi, tetap keputusan ada di tangan pasangan.

Perlu diketahui juga, mengubah di sini bukan semata-mata karena kebaikan kita sendiri, melainkan kebaikan dan masa depan pasangan.

Selain itu, kita harus loyal dalam menerima segala saran dan masukan dari pasangan. Dalam memberi saran dan masukan juga harus pakai etika, ya, teman-teman. 

4. Mengimbangi Satu Sama Lain

Tip mempertahankan hubungan selanjutnya adalah harus bisa saling mengimbangi. Iya dong, namanya pasangan pasti ada dua orang yang menjalani. 

Kalau maunya diimbangi terus, berarti kita egois. Kalau kita terus yang mengimbangi pasangan, lebih ke miris. Yang ada kita tertekan dan hubungnan jadi toxic.

Dalam mempertahankan suatu hubungan,. Yang berjuang bukan hanya salah satunya saja, melainkan keduanya. Sehingga effort yang dikeluarkan pun seimbang.

Apa lagi dua kepala bersatu, punya pikiran dan ego masing-masing. Karakter pun berbeda, mesti ada komunikasi dan keterbukaan untuk bisa seimbang. 

Menekan ego adalah keharusan, jangan posesif. Jangan maunya dimengerti dan dipahami, tetapi tidak mau mengerti dan memahami. Seinbangkan karakter satu sama lain.

5. Hargai dan Beri Apresiasi

Kita pasti senang sekali kalau ada orang yang menghargai usaha kita sekecil apa pun. Nah, kita bisa lakukan hal ini kepada pasangan kita.

Menghargai usaha pasangan sekecil apa pun dan memberi apresiasi menjadi tip mempertahankan hubungan. Dengan begitu, pasangan akan merasa dihargai dan dicintai. 

Bentuk apresiasi tiap orang beda-beda. Disesuaikan saja dengan kemauan dan kesukaan pasangan. 

6. Manajemen Masalah

Seperti yang sempat kusinggung kalau hidup itu butuh masalah. Dengan masalah, manusia akan belajar dan berkembang untuk menjadi lebih baik. 

Begitu juga dengan sebuah hubungan. Hubungan akan lebih baik dan berarti karena adanya masalah. Dari masalah, akan terbentuk jalan hubungan yang seperti apa?

Tip mempertahankan hubungan satu ini memang sedikit tricky. Ketika datang masalah tidak diduga, di sini kita harus saling menurunkan ego dan mengesampingkan emosi. 

Didiskusikan tanpa saling menyalahkan dan mencari tahu akar masalahnya. Dengarkan, telaah, dan pahami. Kemudian mulai cari solusi. 

Tidak apa-apa untuk saling diam beberapa waktu untuk meredam amarah, daripada harus bertengkar tanpa ada itikad baik untuk diselesaikan. 

Nah, dari masalah tersebut kita jadi punya gambaran untuk masalah ke depannya. Pola penyelesaian yang efektif. Di sini kedua belah pihak akan saling mengenal lebih dalam lagi.

Sebuah komitmen

7. Pentingnya Komitmen

Poin terakhir adalah komitmen, hal paling penting dalam hubungan. Ya, apa artinya status tanpa hubungan, 'kan?

Hubungan juga butuh komitmen, kesepakatan apa saja yang keduanya putuskan tanpa ada yang harus terkhianati. Kalau salah satu di antaranya ada yang berkhianat? Artinya dia tidak bisa dipercaya. 

Tip mempertahankan hubungan satu ini merupakan fondasi sebelum mengawali tip-tip yang lain. Dengan komitmen, setidaknya hubungan punya fondasi kuat. 

Komitmen menjadi saksi bahwa dua orang telah bersama dan ada kesepakatan yang seharusnya tidak bisa dilanggar. Komitmen akan bertahan selama hubungan berjalan. 

Jikalau hubungan kandas, maka ucapkan selamat tinggal pada komitmen yang sudah luruh. Ibaratnya, komitmen itu mengikat dan ikatan akan putus kalau salah satu dari kita memutuskannya.

ITULAH tip mempertahankan hubungan yang harus kita ketahui. Namun, siapa pun pilihan kita, belum tentu dia jodoh kita, kan?

Maka dari itu, jangan terlalu menggantungkan harapan dan ekspektasi terhadap pasangan kita sendiri. Sebab, kita tidak tahu apakah dia ditakdirkan untuk kita?

Mungkin kita berharap orang yang kita ikat dalam sebuah hubungan ini akan menjadi jodoh kita. Akan selalu ada rasa kecewa dan lelah, tetapi percayalah orang tepat akan datang di waktu yang tepat.

Mempertahankan hubungan di sini maksudnya mempertahankan hubungan yang baik, bukan hubungan toxic.  Kalau dirasa hubungan mulai terasa toxic. Sudah tidak bisa dikomunikasikan lagi. Tidak bisa saling mengimbangi. Kita harus melepaskan. 

Apalah arti sayang dan cinta, kalau kita merasa tekanan batin terus-terusan? Bertahan pada orang yang salah hanya akan membuang-buang waktu. 

FYI, tip mempertahankan hubungan ini sifatnya universal, ya. Tidak melulu soal hubungan asmara. Namun, bisa juga hubungan keluarga, teman, ataupun sahabat. 

Apa pun, hubungannya, selalu butuh komitmen dan komunikasi yang baik. Jadi, terapkan tip mempertahankan hubungan ini dalam segala aspek kehidupan, ya!


Posting Komentar