Preview

Hai, selamat datang di Neng Vina! Di blog ini kamu akan menemukan tulisan seputar kehidupan dan pengembangan diri. Barang kali kamu tidak akan merasa sendirian setelah membaca tulisanku. Enjoy my blog! 🧁

Manfaat Self Talk: Cara yang Benar Berbicara dengan Diri Sendiri

suka ngomong sendiri,
MANFAAT SELF TALK untuk diri sendiri, memang sepengaruh itu, ya? Modal ngomong dengan diri sendiri, tetapi dapat menentukan kualitas hidup kita akan seperti apa? Ternyata hal itu benar adanya.

Kita mungkin pernah mendengar kalimat  bahwa siapa kita adalah apa yang kita pikirkan. Artinya, apa pun yang kita pikirkan tentang diri kita, itulah diri kita. Bisa jadi itu bukan diri kita yang sebenarnya karena sudah terpengaruh dengan otak dan pikiran kita sendiri.

Untuk itu kita perlu self talk dan harus memilih kalimat yang baik dalam melakukan self talk. Ngomong sendiri bukan hal yang aneh kok, justru hal tersebut memiliki dampak positif bagi kehidupan. 

Manfaat Self Talk membuat Hidup Lebih Berkualitas!

Self talk adalah dialog yang terjadi dalam diri kita. Antara kamu dan diri kamu sendiri. Dialog internal yang lebih mendalam dan intens. 

Kebanyakan orang suka tidak sadar kalau dirinya sedang self talk. Misal, setelah menghadapi suatu masalah dan merasa sikap kita kurang sopan. Secara otomatis batin akan berbisik, "Duh, kok, aku tadi begitu, ya? Enggak sopan banget, sih, nanti ke depannya jsngan begitu lagi, deh!"

Tahu tidak, sih, frekuensi kita self talk jauh lebih banyak daripada berbicara dengan orang lain, lo. Umumnya kita akan menghabiskan 20.000 kata per hari, sementara self talk bisa sampai 60.000 kata per hari. 

Tentu, kita harus memanfaatkan self talk dengan menghabiskan berpuluh ribu kata untuk mengonsumsi kata-kata yang baik.  Sebab, self talk bisa negatif maupun positif. Tergantung dengan pribadi kita.

Kalau kita merupakan pribadi yang optimis dan selalu berpikir positif, maka secara otomatis self talk akan ter-setting positif. Sebaliknya, kalau cenderung pesimis dan selalu berpikir negatif, self talk akan negatif. 

Bagaimana cara melakukan self talk yang baik? Mendapatkan manfaat self talk untuk diri sendiri, pun kita harus mulai merutinkan self talk positif.

Coba ubah pola pikir tidak bisa, jadi belum bisa, kemudian akan bisa. Aku pasti bisa! Tidak apa-apa hari ini belum bisa, tetapi besok aku akan berusaha! Tidak apa-apa gagal, namanya juga proses. 

Rutinkan self talk positif selama 30 hari dan tingkatkan ke 60 hari, seterusnya dan selamanya. Dengan begitu, cara pandang kita terhadap diri sendiri dan orang lain pun akan berubah. Kita jadi lebih bisa memandang suatu peristiwa dari sisi baiknya.

Manfaat self talk

1. Mengendalikan Stres

Manfaat self talk untuk diri sendiri tentu berpengaruh pada stres. Kalau kita stres, kualitas hidup akan tidak seimbang dan jadwal pun berantakan. Bahkan kita jadi lebih susah fokus untuk mengerjakan sesuatu. 

Saat kita stres, cobalah untuk self talk. Tanyakan sebenarnya apa yang sedang terjadi dengan diri kita sendiri? Pikirkan kejadian atau peristiwa apa yang menyebabkan kita stres?

Bicarakan seperti sedang curhat, bedanya kali ini dengan diri sendiri. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengontrol stres dan lebih mudah dalam meregulasi emosi. Sebab, kita sudah menganalisis akar masalahnya.

2. Menekan Rasa Kesepian

Merasa sepi itu wajar, kok, tetapi memang tidak semua orang nyaman dan mampu beradaptasi dalam perasaan sepi. Memang, apa enaknya dari rasa sepi? Atau begini, merasa sepi di tengah keramaian?

Sekarang kalau kita ,sedang merasa kesepiaan, lakukan self talk lebih dulu. Manfaatkan waktu untuk bicara dengan diri sendiri. Apa yang harus dan akan dilakukan? Dengan begitu kita jadi lebih punya rencana untuk menekan rasa sepi.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri pun jadi salah satu manfaat self talk untuk diri sendiri.  Ketika kita diharuskan presentasi di depan kelas. Namun, di sisi lain belum pernah berbicara di depan banyak orang. 

Pasti akan merasa gugup dan khawatir, takut salah ngomong, takut bikin malu, dll. Nah, sebelum melakukan presentasi, coba katakan pada diri sendiri kalau aku bisa dan apa pun yang terjadi sudah merupakan sesuatu yang hebat..

Dengan begitu, kita akan lebih percaya diri untuk presentasi. Sebab, ketika kita belum bisa mengendalikan rasa takut, pasti presentasi akan tidak nyaman dan bicara pun jadi tidak tertata. 

4. Mudah Mengambil Keputusan

Namanya hidup pasti tidak akan lepas dari berbagai polemik masalah. Memang tidak semua masalah punya jalan keluar. Akan selalu ada proses dan butuh waktu yang tidak sebentar. Untuk mengatasi bahkan menghadapi masalah pun bukan hal mudah. 

Nah, manfaat self talk untuk diri sendiri akan membantu kita memecahkan masalah. Mulai dari kejadiannya hingga akar masalahnya. Kita bisa memilah masalah mana yang sekiranya bisa diselesaikan lebih dulu. 

Tidak ada salahnya untuk berdiskusi dengan orang lain dalam mengambil keputusan. Akan tetapi, diskusi tersebut tidak bisa secara mutlak bersifat keputusan. Artinya, kita sendiri mesti mempertimbangkan. 

5. Media untuk Refleksi Diri

Self talk dapat menjadi sarana atau media untuk refleksi diri. Pada fase ini, kita akan dibawa untuk merefleksikan kejadian dan sikap hari ini. Bisa dikatakan, merekap perbuatan dan tindakan apa yang sudah kita lakukan seharian ini. Bagaimana dampaknya bagi orang lain?

Self talk sebelum tidur misalnya, lakukan introspeksi dan mengevaluasi tanpa harus menyalahkan diri sendiri. Katakan hal baik terhadap diri sendiri untuk hari esok. Besok aku akan belajar dari hari ini dan menjadi lebih baik lagi.

6. Mengenal Diri Sendiri

Manfaat self talk untuk diri sendiri secara tidak sadar akan membantu kita untuk mengenali diri sendiri. Sebenarnya kita ini orang yang seperti apa? Apa kelebihan dan kekurangan kita? Bagaimana kita menyikapi suatu peristiwa atau pendapat?

Biasanya self talk akan mendeskripsikan diri kita meski tidak secara eksplisit. Misal, kita menyadari kalau kita kesulitan dalam melakukan suatu hobi, tetapi lihai di hobi lain. Batin akan berbisik, aku lebih suka ini daripada itu. 

Nah, hal tersebut pun menjadi sebuah perkenalan terhadap diri sendiri. Dengan mengenali diri sendiri, akan lebih mudah untuk menerima dan memperbaikinya kekeringan sehingga kita bisa jadi manusia yang terus belajar.

Menjadi diri positif

7. Positive Vibe

Self talk positif yang dilakukan secara rutin akan membuat energi dan aura diri jadi ikut positif. Sebab, di situ kita bisa melihat segala aspek kehidupan dari kebaikan. Bahkan, dapat melihat hal baik dari hal negatif sekali pun.

Sehingga, self talk memancarkan positive vibes yang bikin orang nyaman dengan kita. Pun, kita jadi tidak perlu susah payah memikirkan urusan orang lain atau sibuk iri hati. Bahkan membandingkan diri karena kita tahu bahwa kita punya value.

NAH, itu dia dampak apabila kita melakukan self positive talk secara rutin. Jadi, hindari perkataan meremehkan dan merendahkan diri sendiri. Khawatir perkataan tersebut kemudian menjadi sugesti dan kenyataan. Mari kita mulai terapkan dan dapatkan manfaat self talk untuk diri sendiri!

Posting Komentar