Preview

Hai, selamat datang di Neng Vina! Di blog ini kamu akan menemukan tulisan seputar kehidupan dan pengembangan diri. Barang kali kamu tidak akan merasa sendirian setelah membaca tulisanku. Enjoy my blog! 🧁

Cara Agar Cepat Move On dari Seseorang!

Ketika kita patah hati

ADA satu fase yang akan menghadapkan kita dengan cinta. Cinta itu memang tidak bisa diprediksi. Namun, bukan Berarti tidak bisa diantisipasi.

Kebanyakan orang terlalu euforia dengan bahagianya cinta. Sampai melupakan ada risiko dan konsekuensi yang suatu hari pasti akan datang.

Perjalanan cinta tentu tidak akan semulus itu, 'kan? Akan dinamika yang terjadi. Kalau kita tidak memiliki antisipasi, khawatir jadi gamon atau gagal move on!

Makna Move On: Cara Agar Cepat Move On!

Secara gamblang, kata move dalam bahasa Inggris berarti pindah. Move on adalah berpindah dari satu tempat dan membiasakan diri pada suatu aktivitas baru. 

Menurut penelitian Journal of Positive Psychology, hanya butuh waktu selama 11 Minggu atau selama 3 bulan untuk move on dengan melibatkan 155 partisipan.

Kita sama-sama sepakat, betapa move on merupakan proses yang sulit. Dalam proses tersebut, banyak perjuangan yang dilakukan. 

Memulihkan luka di hati memang tidak ada obat fisiknya. Pada akhirnya, kita sendiri yang harus mengendalikan diri. Oleh karena itu, penting menikmati proses.

Cara agar cepat move on dari seseorang

1. Menyibukkan Diri

Hal perta cara agar cepat move on adalah mencari kesibukan. Dengan menyibukkan diri, otomatis pikiran akan terbagi dengan kesibukan tersebut. 

Carilah kegiatan yang melibatkan orang banyak atau membutuhkan waktu yang sesuai. Supaya tidak ada tempat untuk memikirkan si dia yang tak kunjung hilang. 

Meski begitu, kita harus tetap mengontrol dan membatasi kegiatan. Hindari kesibukan yang mengganggu kesehatan.

Bagaimanapun tubuh butuh rehat untuk kembali beraktivitas esoknya. Walaupun sedang patah hati, kewarasan pun harus dijaga.

2. Berhenti Jadi Stalker

Coba tinggalkan jejak di bawah, bagi kamu yang masih suka mengintai media sosial si dia? Sementara, kamu masih berusaha untuk move on

Kalau begitu sih, sama saja dapat menghambat usaha kita sendiri. Hal itu hanya akan membuat rencana move on bisa gagal. 

Setiap orang memang punya cara sendiri. Akan tetapi, ketika merasa kesulitan move on, coba batasi diri dengan berhenti mengikuti akun media sosialnya.

Bukan berarti memusuhi, melainkan sebagai bentuk menjaga kesehatan hati dan mental kita. Nanti, kalau sudah selesai dengan mss lalu, bisa diikuti kembali. 

3. Mengendapkan Pemberian si Dia

Selama membersamai hari-hari dengan dia, pasti sudah banyak hal yang dilalui. Segala momen diarungi, termasuk merayakan hari-hari penting.

Dari situ pasangan akan mendapatkan hadiah atau saling bertukar kado sebagai tanda kasih. Kebanyakan di antaranya berupa boneka, atau bunga yang pasti akan disimpan.

Selama apa pun bersama, jika harus berpisah, kita tidak dapat menentang takdir. Satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah move on.

Dengan cara menyingkirkan barang-barang dari dia. Bukan bermaksud untuk tidak menghargai, melainkan agar dapat meminimalisir ingatan dengannya.

4. Menerima Kenyataan

Di balik suka-suka dalam kebahagiaan yang kita rasakan, kita tidak boleh lupa bahwa ada duka-duka yang harus dihadapi. Salah satunya adalah merelakan perpisahan.

Kita harus diterima kenyataan. Memang tidak mudah, tetapi begitulah kehidupan mengajarkan manusia untuk ikhlas. Nyatanya, kenyataan tidak bisa dihindari.

Menerima bahwa dia sudah tidak lagi bersama dengan kita. Mengikhlaskan hati dan merelakan diri. Makin kita denial, makin melukai diri sendiri.

Belajar move on

5. Jangan Dilupakan

Tidak semua orang menyadari, hal inilah salah satu yang membuat usaha move on kita gagal! Cara agar cepat move on kali ini cukup efektif.

Belajar dari pengalaman, move on berkali-kali dan selama itu selalu berusaha melupakannya, tetapi justru makin terngiang-ngiang. 

Sebab, tanpa sadar dengan memaksa diri untuk melupakannya sama saja dengan mengingatnya. Akan tetapi dalam konteks ingin melupakan. 

Lalu, bagaimana? Let it flow, jangan dipaksa, jangan dilupakan, jalani hari-harimu seperti biasanya. Perlahan kita akan terbiasa. Waktu secara otomatis akan sedikit menggeser pikiran kita dari si dia.

Meski waktu tidak dapat menghilangkan kenangannya, tetapi kita bisa mengendalikan pikiran kita. Pada akhirnya, move on bukan tentang melupakan, melainkan membiasakan diri dari yang ada menjadi permah ada.

SETELAH menerapkan cara agar cepat move on. Satu hal penting yang harus dimulai  adalah dengan niat. Niat yang kuat untuk move on dan jangan berharap.

Terlalu larut dalam kesedihan, hanya akan membuat kita jadi tidak sehat. Sebab, move on itu harus membiasakan diri tanpa dia bukan melupakan.

Melupakan atau menghapuskan seluruh tentang dia itu mustahil. Apa lagi kalau sudah banyak kisah dilalui. Akan tersimpan dalam memori. Suatu saat memori itu bisa saja terlintas.

Supaya tidak mudah jatuh cinta dan meminimalisir diri untuk sulit move onn. Sebelum mencintai seseorang, ketahui dan pahami akan ada risiko dan konsekuensi.

Artinya, jika mencintai, maka kita harus siap untuk jatuhnya juga. Selamat berjuang, terapkan cara agar cepat move on ini, ya!



Referensi:

https://m.liputan6.com/citizen6/read/4482628/menurut-penelitian-ini-waktu-yang-dibutuhkan-seseorang-untuk-move-on

https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/best-seller/cara-move-on-dari-mantan/amp/

https://m.merdeka.com/jabar/arti-kata-move-on-dalam-percintaan-begini-tips-melakukannya-kln.html

Posting Komentar